Selasa, 06 Januari 2015

Pengaruh Provider Terhadap Kualitas Pelayanan Telekomunikasi

BAB I
PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang


Telepon seluler atau yang biasa disingkat dengan sebutan ponsel memiliki istilah lain yaitu handphone, hape, hp, telepon nirkabel, telepon genggam, dan lain sebagainya. Benda elektronik yang memiliki fungsi utama sebagai alat telekomunikasi ini telah banyak digunakan oleh masyarakat kita.  Karena fungsinya yang sangat penting untuk berhubungan antara orang yang satu dengan yang lain, maka sekarang ini ponsel telah menjadi salah satu barang wajib nasional yang penting untuk dimiliki setiap orang. Setiap telepon seluler atau handphone membutuhkan layanan dari suatu operator layanan telekomunikasi yang sesuai untuk dapat beroperasi dengan baik.
Industri telekomunikasi merupakan salah satu jenis yang menyediakan produk intangible dan saat ini telah memasuki kondisi persaingan yang jauh lebih ketat dengan bermunculannya operator-operator jasa telekomunikasi baik lokal maupun asing. Berbagai kemudahan dan fasilitas ditawarkan oleh para operator guna meraih sekaligus mempertahankan pelanggan.
Di indonesia terdapat banyak operator telepon seluler resmi yang menjual layanannya dalam bentuk produk kartu perdana yang umumnya berisi nomor telepon dan juga menjual jasa komunikasi dalam bentuk suara, pesan teks tertulis, data, sambungan internet, dan lain sebagainya.  Semua operator berlomba-lomba menarik konsumen dengan berbagai cara mulai dari menawarkan tarif yang murah sampai membentuk produk khusus untuk komunitas tertentu.
Saat ini Indonesia memiliki 10 operator selular termasuk 5 Operator GSM dan 5 operator CDMA. Ada tiga besar berbasis GSM operator selular Telkomsel, Indosat dan XL Axiata yang memegang lisensi untuk beroperasi dengan cakupan nasional. Ketiga perusahaan beroperasi dengan dual band pada frekuensi 900 Mhz dan frekuensi 1800 Mhz tapi bisa melayani teknologi 3G. Dan yang terbaru beberapa operator seluler di Indonesia sudah bisa melayani teknologi 4G yang sedang dalam tahap pengembangan.


1.2 Ruang LingkupPembahasan dalam penulisan ini hanya difokuskan pada pengaruh provider terhadap kualitas pelayanan telekomunikasi di Indonesia.


1.3 Rumusan MasalahMasalah yang ingin dirumuskan dalam makalah ini adalah sebagai berikut:1.      Bagaimana kualitas pelayanan telekomunikasi di Indonesia?
2.      Bagaimana kepuasan pelanggan terhadap provider?


1.4 TujuanTujuan penulisan malakah ini adalah untuk mengetahui pengaruh Provider terhadap kualitas pelayanan telekomunikasi.


http://zahidb.blogspot.com/2015/01/pengaruh-provider-terhadap-kualitas.htmlhttp://fire-blood.blogspot.com/2015/01/pengaruh-provider-terhadap-kualitas.htmlhttp://yudistiranugraha.blogspot.com/2015/01/pengaruh-provider-terhadap-kualitas.htmlhttp://fachrizalpambudi.blogspot.com/2015/01/pengaruh-provider-terhadap-kualitas.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar